Kendal, Kamis 26 April 2012

Satu rangkaian dalam acara Debat Aktif Tunanetra 2012, Come_unity – Komunitas Sahabat Mata, menjalin kerjasama dengan SLB Swadaya Kaliwungu Kendal. SLB yang terletak di Sikopek Kendal ini memiliki siswa-siswi tunanetra.

Kesulitan bahan ajar yang selama ini menjadi salah satu masalah serius bagi siswa-siswi tunanetra alhamdulillah sekarang sudah sedikit mendapatkan solusi dengan keberadaan Digital Talking Book(DTB).

Digital Talking Book (DTB) atau dikalangan tunanetra lebih dikenal sebagai buku bicara adalah salah satu inovasi terbaru sebuah alat Bantu tunanetra dalam upayanya mengakses buku-buku yang ada.

Sederhana, sahabat-sahabat kita yang tunanetra kesulitan untuk mengakses buku-buku cetak yang banyak beredar sekarang. Agar mereka tetap dapat mengakses buku tersebut maka dibacakanlah buku itu oleh sahabat-sahabat yang awas dan kemudian direkam. File audio output diolah sedemikian rupa hingga memudahkan sahabat-sahabat tunanetra mengaksesnya. Hasil akhirnya adalah sebuah kepingan CD audio yang berisi ‘buku bicara’ tadi.

Menariknya adalah :

1.  Dengan alat pemutar khusus (Digital Talking Book Player) , sahabat tunanetra mampu mengakses buku itu hingga perhalaman. Bahkan jika sempurna pemrosesannya, indeks pun bisa diakses.

2.  Juga menggunakan computer yang dilengkapi dengan software aplikasinya, sahabat tunanetra juga mampu ‘membaca’ buku layaknya orang awas membaca buku cetak.

3.  Dan paling murah dan sederhana, buku bicara ini bisa juga dijalankan di CD/VCD/DVD player yang hampir tiap rumah sekarang memilikinya. Hanya saja ada beberapa fasilitas yang belum bisa diakses oleh sahabat tunanetra.

Pada kesempatan kali ini, Come_unity – Komunitas Sahabat Mata dengan program ‘10.000 (sepuluh ribu) Keping Buku Bicara untuk Tunanetra Program Peningkatan Minat Baca Kita Semua’ mendistribusikan hibah 100 (seratus) judul/keeping Digital talking Book (DTB) kepada SLB Swadaya Kendal.

Umi Isriyati, guru tuna grahita, mewakili SLB Swadaya Kendal untuk menerima 100 (seratus) keeping/judul Digital Talking Book. Insya Allah kerjasama ini akan terus berkelanjutan. SLB Swadaya Kendal akan menerima distribusi 5 – 10 keping/judul setiap bulannya dari Come_unity – Komunitas Sahabat Mata.

Dari 100 (seratus) keeping/judul Digital Talking Book (DTB), 70 % di antaranya adalah buku pelajaran dari SD sampai dengan SMP. Sisanya adalah buku penunjang, termasuk buku cerita anak-anak. (Sahabat Mata 01)